13 Tipe Cara Terbang Burung Merpati Balap

Burung yang dahulu dijadikan sebagai alat berkomunikasi ,saat ini mulai dilirik banyak kalangan, khususnya jenis Merpati Balap. Apa yang menarik dari burung Merpati Balap?

Burung ini bisa terbang dengan kecepatan 65-80 km/jam. Bahkan juga, dalam sehari, burung Merpati ini bisa terbang sangatlah jauh yaitu kurang lebih 965 km. Khusus burung Merpati Balap, ia dapat terbang 5 mtr. di atas permukaan tanah. Sementara burung Merpati Tinggian dapat terbang setinggi 150 mtr. di atas permukaan tanah.

merpati balap
Merpati Balap


Cukup istimewa bukan, dibanding jenis burung lainnya. Burung Merpati terkenal sangatlah menyintai pasanganya. Beberapa orang kerap latih kedekatan hubungan ke-2 nya sampai mereka berdua giring keket.

Tipe Cara Terbang Merpati Balap

1. Merpati Full Wing

Burung Merpati Balap tipe ini akan nampak bulat penuh kepakan sayapnya, bahkan juga nyaris menutup sempurna. Hingga saat ini Merpati Balap Full Wing sangatlah populer dan jadi sasaran pencinta Merpati.

2. Merpati Tipe 3/4

Kepakan sayap Merpati Balap jenis 3/4 tidak menutup penuh, cuman 3/4 saja. Burung ini kurang populer dibanding Merpati Balap Full Wing.

3. Merpati Tipe 1/2

Burung merpati ini tidak begitu diminati pencinta Merpati karena terbangnya setengah-setengah. Umumnya jika balapan kerap kalah. Karena mungkin kepakan sayapnya hanya terbuka 1/2 saja.

Tipe Langkah Merpati Balap

1. Merpati Langkah Panjang atau Satu-satu

Sayap Merpati Balap ini rada jarang. Ia tidak terbang cepat tapi lompatan langkahnya panjang. Pegangan Merpati Balap semacam ini condong panjang. Sayap dan lari Merpati ini panjang . Maka, bisa ditetapkan burung ini benar-benar bagus untuk lomba Merpati Balap jarak lebih dari 1.000 mtr..

2. Merpati Langkah Rapat atau Rapid

Burung Merpati ini mempunyai kepakan sayap yang cepat dan condong ngotot ingin menang. Langkah burung ini cukup pendek tetapi bagus untuk dilombakan sebagai Merpati Balap Sprint atau lomba cepat jarak pendek, misalkan 500 mtr..

3. Merpati Kombinasi atau Hybrid

Dapat disebut ini sebagai Merpati Balap modern dan disenangi banyak pencinta Merpati. Alasannya, langkah burung ini panjang dan ngotot. Style terbang sprint bagus dan jadi dambaan pencinta Merpati.

Type Jalur Merpati Balap

1. Merpati Jalur Atas

Burung Merpati Balap ini akan terbang tinggi sampai 1/2 jarak saat sebelum sampai ke joki. Waktu mendarat, Merpati ini biasanya menukik tajam dengan kemiringan yang terjal. Umumnya tipe Merpati Balap ini diikutkan sertakan dalam lomba jarak jauh.

2. Merpati Jalur Tanggung

Saat Merpati ini dilepaskan karena itu ia akan terbang tanggung tidak begitu tinggi atau tidak begitu rendah . Maka terbangnya setengah-setengah selanjutnya menurik turun dekati joki.

3. Merpati Jalur Bawah

Sebagian besar burung Merpati yang terbang jalur bawah, ia merupakan Merpati Balap type balap sprint. Jarak lomba Merpati Sprint lebih dekat hingga saat burung terbang, ia akan ada di bawah atau terbang rendah.

4. Merpati Jalur L atau Kombinasi

Bicara mengenai burung Merpati kombinasi tentu begitu digemari pencinta Merpati. Burung ini saat dilepas akan terbang naik ke atas dan saat sampai ke tengah ia akan terbang rendah sprint, seakan-akan membuat huruf L.

Type Cara Masuk Merpati Balap

1. Merpati Tembak Keras atau Nulup

Burung semacam ini jika jokinya kurang pengalaman maka bisa mengakibatkan burung cidera dan joki cidera. Karena, Merpati Balap akan tembak keras atau melaju cepat dan ngotot terbangnya. Hingga waktu sampai ke joki, kecepatannya masih cepat dan tidak berkurang sedikitpun.

2. Merpati Tembak Sedang atau Rapid

Langkah terbang burung ini cukup sedang jadi tidak begitu cepat. Sehingga sangatlah aman untuk burung Merpati Balap atau jokinya. Kecepatannya saat dekati joki tidak begitu cepat atau tidak begitu lamban alias sedang-sedang saja.

3. Merpati Tembak Halus

Burung Merpati ini katanya tidak digemari pencinta Merpati. Ini karena burung kurang cepat, kurang greget, lamban, hingga tidak ada rintangannya untuk joki. Saat terbang kelihatan lembut sekali sampai rasanya seperti orang jalan dari 1 titik di titik yang lain.

Oi Pedia
Oi Pedia Saya adalah seorang penulis blog yang senang mengeksplorasi berbagai topik menarik. Saya suka menulis tentang perjalanan, makanan, hiburan, hingga teknologi dan bisnis.

Posting Komentar untuk "13 Tipe Cara Terbang Burung Merpati Balap"